14.7.10

Sekilas info SMA 2 Bojonegoro (SMADA-Bo)

Cikal bakal dari SMAN 2 Bojonegoro berawal dari SMAN Bojonegoro yang lokasi nya berada di Jl. Panglima Soedirman (SMAN 1 Sekarang), entah tahun berapa berdirinya kami kurang tahu persis, yang jelas pada tahun 1963 SMAN Bojonegoro dipimpin oleh Bapak Soedirman sampai dengan tahun 1974.
Pada tahun 1973 Pemerintah membuat kebijakan melalui Menteri Pendidikan, ketika itu dijabat oleh Pak Mahuri. Isi Kebijakan tersebut adalah agar semua lulusan SMA dibekali berbagai macam ketrampilan untuk persiapan masuk dunia kerja. Akhirnya diseluruh Indionesia berdirilah lembaga sekolah yang bernama Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan atau SMPP. Maka dibangunlah SMPP yang berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto No.9 Bojonegoro (SMAN 2 Sekarang) dengan sarana dan prasarana yang memadai termasuk laboratorium yang diperlkan untuk keperlua kegaiatan belajar mengajar. Dari kebijakan tersebut akhirnya nama SMA dihapus diganti menjadi SMPP sehingga SMPP mempunya 2 lokasi diutara dan di selatan.
Perkembangan pendidikan yang waktu itu sangat pesat menjadikan SMPP maju dan pada prakteknya SMPP yang berlokasi diutara digunakan untuk kelas jurusan IPA dan lokasi selatan digunakan untuk kelas jurusan IPA. Hal ini disebabkan karena lokasi selatan mempunyai Laboratouriom jurusan IPA yang lengkap.
7 Tahun berlalu, Pemerintah membuat kebijakan baru, tepat pada tahun 1980 SMPP dipecah menjadi 2, SMPP Lokasi utara berubah menjadi SMAN Bojoengoro dan SMPP lokasi selatan tetap menjadi SMPP. SMPP dipimpin oleh bapak Maktoeri Suharsono dan SMAN dipimpin oleh Pak Chumedi.
Pada tahun 1985 pemerintah membaut kebijakan baru untuk dunia pendidkan di seluruh Indonesia. Kebijakan tersebut mengintruksikan banhwa SMPP yang berada diseluruh Indonesia harus dirubah namanya menjadi SMAN 2, sehingga SMAN Bojonegoro berubah menjadi SMAN 1 Bojonegoro lokasi utara, SMPP berubah menjadi SMAN 2 Bojonegoro lokasi selatan.

Kondisi Geografis SMAN 2 Bojonegoro
SMAN 2 Bojonegoro dibangun diatas tanah seluas 40.750 m2. Secara umum kota Bojonegoro memilki iklim tipe D yaitu curah hujan tidak terlalu banyak dan panas juga tidak terlalu tinggi dengan curah hujan berkisar 208 mm (berdasarkan monografi tahun 1999/2000) dengan topografi yang berfariasi. Untuk tempetratur di kota Bojonegoro berkiasar antara 24 – 26 °C.
Lokasi SMAN 2 Bojonegoro berada di kota Bojonegoro tepatnya 2 KM di sebelah selatan dari pusat pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Kabupaten Bojonegoro merupakan daerah Jawa Timur yang paling barat yang berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah (Cepu/Blora). Kota Bojonegoro berjarak sekitar 98 Km arah barat dari kota Surabaya. Bagian utara berbatasan dengan Kabupaten Tuban, bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Nganjuk, bagian Timur dengan Kabupten Lamongan.
SMAN 2 Bojonegoro berada disebelah Timur kota cepu kira-kira berjarak 36 km, yang terkenal dengan penghasil minyak buma dan gas. SMAN 2 Bojonegoro berada disebelah timur kawasan Wilayah Blok Cepu yang konon merupakan ladang sumur minyak terbesar yg di temukan di abad ini.
Selain itu SMAN 2 Bojonegoro berdekatan dengan berbagai macam tempat wisata dan situs sejarah, Seperti Situs sejarah, peninggalan kerajaan Malowopati, sebuah cerita legenda di kota Bojonegoro yg terkenal dengan Rajanya yang bernama Angkling Darmo yang berada di daerah Malawatan kecamatan kalitidu.
Masyarakat sekitar mempercayai bahwa daerah Mlawatan yang sekarang berada di area persawahan adalah bekas Kerajaan Malowopati jaman dulu. Tempat wisata yang terkenal lainnya adalah Khayangan api yang berada di daerah Ngasem, Wana Wisata Tirtawana Dander, Waduk Pacal dan beberapa kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi di kabupten Bojonegoro. Hal ini menjadikan Lokasi SMAN 2 Bojonegoro sangat strategis dan dapat di jangkau dengan sangat mudah dengan menggunakan berbagai jenis transportasi alternatif.
Visi
Menjadi sekolah unggul dalam mengembangkan manusia rasional ilmiah yang berwawasan global, memiliki daya saing tinggi, memiliki daya tangkal yang kuat terhadap pengaruh dari luar, maju, kemanusiaan serta memiliki perilaku yang baik.

Misi
Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien, dengan penambahan sarana prasarana yang memadai, sehingga prestasi siswa lebih meningkat.
Melaksanakan bimbingan secara adil sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler secara terpadu.
Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi yang ada pada dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal.
Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut, sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
Menumbuhkan kepekaan terhadap masalah sosial sehingga menimbulkan rasa kepedulian sosial yang tinggi.
Memberikan motivasi untuk selalu berwawasan global sehingga siswa dapat mempersiapkan diri dengan persaingan yang mendunia.
Melaksanakan pendidikan tata krama melalui pengintegrasian pada setiap mata pelajaran.
Menumbuhkan jiwa kewirausahawan sehingga dapat mengembangkan diri seseuai potensi yang ada dilingkungannya.
Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan warga sekolah, orang tua dan masyarakat.
Fasilitas
Ruang Teori/Kelas
Laboratorium IPA
Laboratorium Biologi
Laboratorium Kimia
Laboratorium Fisika
Laboratorium Bahasa
Laboratorium IPS
Laboratorium Komputer
Ruang Perpustakaan
Ruang Keterampilan
Ruang Serba Guna
Ruang UKS
Ruang Praktik Kerja
Bengkel
Ruang Diesel
Ruang Pameran
Ruang Gambar
Koperasi/Toko
Ruang BP/BK
Ruang Kepala Sekolah
Ruang Guru
Ruang TU
Ruang OSIS
Kamar Mandi/WC Guru
Kamar Mandi/WC Murid
Gudang
Ruang Ibadah
Rumah Dinas Kepala Sekolah
Rumah Dinas Guru
Rumah Penjaga Sekolah
Sanggar MGMP
Sanggar PKG
Asrama Murid
Unit Produksi
Lokasi
JL. HOS COKROAMINOTO 9
BOJONEGORO - 62114
PH / FAX: (0353) 881663
EMAIL: info@sma2bojonegoro.com
WEBSITE: www.sma2bojonegoro.com

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. Logo Hari Jadi Bojonegoro Ke 335 tahun 2012

    Ukuran Asli, download: http://rsudsosodoro.com/images/hari-jadi-bojonegoro-2012-HJB-335-logo-original.jpg


    Ukuran Terkompresi download: http://rsudsosodoro.com/images/hari-jadi-bojonegoro-2012-HJB-335-logo-compressed.jpg

    BalasHapus

Mau nonton TV online,silahkan menuju halaman depan.